Kamis, 12 Mei 2011

Run Java di Command Prompt

Disini saya tidak akan membahas penggunaan Netbeans ataupun Jcreator tetapi disini saya akan membahas mengenai cara penggunaan Java lewat cmd(Command Prompt).Kenapa saya menjelaskan ini lewat cmd karena saya ingin berbagi  pengalaman yang saya dapatkan diperkuliahan dari belajar Java menggunakan cmd, awal mulanya saya menggunakan Java ini agak kesulitan karena mesti menjalankannya masuk ke cmd dulu setelah itu masuk ke folder bin dengan perintah cd c:\java\jdk1.6.0_21\bin baru bisa mengcompile setelah itu baru menjalankannya.

Saya akan menjelaskannya step by step  kepada anda agar bisa mengcompile atau menjalankan java tidak harus masuk ke tempat folder Java yang akan di install. Disinilah point yang ingin saya share kepada anda, gimana sih caranya? mau tau kelanjutannya baca sampai selesai yah... :).
Langsung saja bahas yang pertama, sudah jelas kalau mau menggunakan Java mesti sudah terpasang software java yang mau kita operasikan, bagi yang belum punya bisa di download lewat searching mbah google ;). Disini saya terangkan sedikit mungkin ada yang belum bisa menjalankan CMD. saya akan kasih tau cara simplenya yaitu dengan menggunakan tombol shortcut klik windows +R kemudian tulis di textbox tersebut  "cmd" (tanpa tanda petik) dan tekan ENTER.(Masuk deh ketampilan Command Prompt).
Saya langsung jelaskan saja insyaallah bagi para pemula akan mudah mengerti dari pembahasan yang akan saya jelaskan dibawah ini :
Langkah pertama masuk properties (My Computer klik kanan pilih properties)
Jika menggunakan OS 7 tampilannya akan muncul seperti ini :
Klik Advanced system settings(untuk OS Xp klik Advanced) kemudian akan muncul gambar berikut:
Klik Environment Variables... maka akan muncul tampilan berikut:

Klik New... kemudian akan muncul gambar seperti dibawah ini :

Untuk Variable name : isikan PATH dan untuk Variable value : isikan tempat anda menginstall java. Contoh punya saya, saya install di c:\java\jdk1.6.0_21\bin seperti pada gambar diatas.
Setelah itu klik ok. Maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini :

gambar yang dikotak merah muncul setelah kita selesai membuat variable baru dengan nama PATH.
Setelah itu OK. Kemudian Restart PC/Laptop anda.

Setelah sampai muncul kembali ke desktop, silahkan anda coba java tersebut. Insyaallah akan berhasil :) Bagi yang belum berhasil barangkali ada step yang salah, intinya jangan menyerah.
Catatan sedikit : Jika anda mencoba menjalankan java sebaiknya periksa dulu file .class jika belum ada maka mesti di compile terlebih dahalu dengan perintah "javac namafile.java", baru setelah itu jalankan dengan cara mengetik "java namafile" Jika terjadi pesan error artinya listing program anda yang salah. Perlu diingat untuk source java jika menggunakan notepad harus mengganti ekstensinya ke ".java" So untuk menjadi seorang programmer anda mesti teliti dan juga harus bisa melatih debugger (memperbaiki listing yang error/salah) disinilah tahap proses belajar. Ingat mengetik perintah-perintah diatas ini lewat cmd (sudah saya jelaskan cara masuk ke cmd :) )

saya perjelas gambarnya seperti dibawah ini :
Ini salah satu contoh file java yang dijalankan dengan menggunakan perintah seperti yang ada pada gambar diatas. Perlu diingat posisi command harus pada posisi letak file ".java" tersebut berada. Dari contoh gambar diatas menunjukkan bahwa file java tersebut terletak di drive c:\ dan masuk kefolder task. Tampilan program yang muncul dari perintah yang dipanggil seperti pada gambar dibawah ini :
Jika anda ingin mengunduh file program seperti yang tampil pada gambar diatas bisa klik disini.


Sekian dari saya,
Regards, Jun

Semoga bisa bermanfaat.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar