Jumat, 20 Mei 2011

Pencipta Robot Top Markotop - Al-Jazari

Nama lengkapnya Badi Al-Zaman Abullezz Ibn Alrazz Al-Jazari. Nama Al-Jazari sendiri diambil nama tempat kelahirannya, yaitu Al-Jazari. Beliau dilahirkan pada tahun 1136M, 300 tahun sebelum jamannnya Leonardo da Vinci yang diklaim sebagai robot pencipta pertama. Al-Jazari tinggal di Diyar Bakir,Turki, pada abad kedua belas yang mendapat julukan sebagai Bapak Modern Enginerring berkat temuan-temuan spektakulernya yang banyak mempengaruhi rancangan mesin-mesin modern saat ini. Diantaranya combustion engine, crankshaft, suction pump, programmable automation, dan banyak lagi.


Salah satu buku al-jazari yang luar biasa dan menginspirasi ilmuan barat adalah "al-Jami Bain al Ilm Wal'Aml al-Nfi Fi Sinat 'at al-Hiyal" atau dalam bahasa inggris 'The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices'. Sebuah buku yang menyajikan instruksi untuk merancang, memproduksi dan menyusun berbagai mesin. Al-jazari telah mendokumentasikan lebih dari 50 buku yang berkaitan dengan dunia teknik dan dilengkapi rincian gambar-gambarnya.

Dengan karya gemilangnya, ilmuwan dan ahli teknik Muslim ini telah membawa masyarakat Islam menuju Kejayaan teknologi. Pencapaian itu sekaligus mematahkan klaim barat yang kerap merebut Leonardo da Vinci  sebagai perintis teknologi robot.

Tahun 1478 karya Da Vinci masih berupa desain kertas sedangkan peradaban Islam, tiga abad sebelumnya telah menghadirkan teknologi robot dalam bentuk fisik. Diantaranya :

1. Robot band berupa perahu yang terapung di sebuah danau yang ditumpangi empat robot pemain musik. Robot yang terdiri atas dua penabuh drum, seorang peniup harpa, dan pemain suling logam itu diciptakan untuk menghibur para tamu kerajaan dalam acara jamuan minum. Al-jazari mengembangkan prinsip hidrolik untuk menggerakkan mesin yang di kemudia hari dikenal sebagai mesin robot.

2. Robot pramusaji berbentuk manusia yang bertugas untuk menghidangkan air, teh, atau minuman lainnya. Minuman disimpan dalam sebuah tank dengan reservoir (penampung air). Dari penampung itu, air dialirkan ke dalam sebuah ember dan setelah tujuh menit mengalir kesebuah cangkir. Setelah itu, robot itu mengeluarkan minumannya.

3. Pencuci tangan otomatis dengan mekanisme pengurasan. Mekanisme yang dikembangkan Al-Jazari itu, kini digunakan dalam sistem kerja toilet modern. Robot pencuci tangan otomatis itu berbentuk seorang wanita yang berdiri dengan sebuah baskom berisi air.

4. Jam gajah yaitu sebuah jab automatik pertama yang digerakkan dengan menggunakan kuasa air. Ia telah dapat menunjukkan waktu dengan tepat. Jam itu juga mempunyai lembaga seperti robot yang memukul simbal serta juga burung buatan yang berbunyi setiap kali masuk waktu tertentu.

Semua karya besar al-jazari ber awal dari kegemarannya di masa kecil bereksperimen membuat mekanikal seperti mencontoh kincir air yang ada di kebun kakeknya dengan menggunakan bulu dan serangga. Hingga sang kakek mengetahui ketertarikan yang luar biasa terhadap ilmu mekanikal pada diri cucunya. Tapi ayahnya menganggap, berbagai eksperimen ilmiah al-jazari tidak berguna dan melarang untuk mendalaminya. Kondisi ini tentu saja mengecilkan hatinya.

Untukngnya, sang kakek menasehati ayahnya "kamu tidak perlu melarang anakmu mempelajari ilmu itu, karena dia akan menjadi ilmuwan yang berjasa kepada masyarakat di masa akan datang. Ilmu yang sedang dikaji oleh anakmu itu adalah ilmu mekanikal. Ilmu mekanikal ini dipelopori oleh keluarga Musa Bin Shakhir pada zaman khalifah Harun al-Rashid. Mereka menterjemah buku-buku Yunani. Mereka menciptakan teori dan seratus alat mekanikal bagi menggerakkan benda. Mereka membutuhkan gambar dan mengenai cara-cara menggerakkannya. Diantara ialah kincir air. Dengan ilmu mekanikal ini juga pekerja mudah dan dapat membantuk lebih banyak kota"

Kawan, kegigihan al-jazari bisa jadi inspirasi buat kita untuk memperdalam suatu bidang yang menarik minat dan bakat kita. Pelajari, pahami, dan praktikkan. Beri hasil terbaik untuk kemajuan Islam dan kaum Muslimin. Ngak usah berkecil hati ketika orang-orang terdekat belum kasih dukungan. Yang terpenting tetap fokus, kerja keras dan tetap semangat sambil diiringi doa momohon kepada Allah swt agar memudahkan jalan kita meraih cita. Seperti Al-Jazari. Keep Istiqomah in right path :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar